KEKERASAN MODEL GIGI BERBAHAN DASAR SELF-CURED ACRYLIC SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIS PROSTODONSIA

Citra Insany Irgananda, Kartika Andari Wulan, Fatima Fatima
  E-Prodenta Journal of Dentistry, pp. 321-329  

Abstract


Latar Belakang: Model gigi merupakan media yang dapat merepresentasikan keterampilan klinik mahasiswa kedokteran gigi dalam melakukan preparasi gigi penyangga dari gigi tiruan cekat yang membutuhkan pengalaman sejak masa pre-klinik serta dukungan fasilitas media pembelajaranyang memadai. Salah satu karakteristik yang perlu diperhatikan yaitu nilai kekerasan dari model gigi tersebut. Tujuan: untuk mengevaluasi sifat kekerasan model gigi berbahan self-cured acrylic dengan buatan pabrik dan enamel gigi sebagai media pembelajaran keterampilan klinis prostodonsia. Metode: penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional study dengan rancangan penelitian observasional analitik, melibatkan 3 kelompok sampel yaitu model gigi berbahan self-cured acrylic, model gigi buatan pabrik, dan elemen gigi 44. Hasil: penelitian ini yaitu nilai kekerasan model gigi berbahan self-cured acrylic memiliki rata-rata nilai kekerasan 18,1 VHN, model gigi buatan pabrik 83,1 VHN, dan enamel gigi 428 VHN. Hasil statistik one-way Anova p= 0,000 < 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan pada sifat kekerasan antara ketiga kelompok sampel. Kesimpulan: nilai kekerasan antara enamel gigi, model gigi buatan pabrik dan model gigi berbahan self-cured acrylic memiliki perbedaan yang signifikan.

Keywords


kekerasan, model gigi self-cured acrylic, media pembelajaran

References


Curtis, D.A., Lind, S.L., Brear, S, Finzen, F.C. The Correlation Of Student Performance In Preclinical And Clinical Prosthodontic Assessments. J Dent Educ 2007;71(3):365–72

Peeraer, G., Scherpbier, A. J., Remmen, R., Hendrickx, K., Van Petegem, P., Weyler, J., & Bossaert, L. Clinical skills training in a skills lab compared with skills training in internships: comparison of skills development curricula. Education for Health. (2007), 20(3), 125

Nunez et al. 2012. Typodont Versus Live Patient: Predicting Dental Students’ Clinical Performance. Journal Of Dental Education.

Hasanah, N.N., Irgananda, C.I. Perbandingan Kekerasan Model gigi dan Enamel Gigi Asli yang Digunakan sebagai Media Pembelajaran

keterampilan Preparasi Gigi. Skripsi. 2017. Malang:Universitas Brawijaya

Ratnaningtyas, Dwi., Irgananda, C.I. 2017. Perbedaan Keterampilan Mahasiswa dalam Preparasi Gigi Penyangga Restorasi Indirek

Menggunakan Model Gigi Pengganti dan Elemen Gigi Asli di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya. Skripsi. Program Studi

Sarjana Kedokteran Gigi. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya, Malang.

Al-Berqdar, F.A., Al-Habeeb, S.S. 2009. Evaluations and comparison of some mechanical properties of the self and heat cured acrylic denture base materials under different pressures modality. Journal of Kerbala University, Vol 7 No.1, 225-235. 329

Kuhn, H. and Medlin, D., 2000. ASM handbook: mechanical testing and evaluation, vol. 8. Materials Park, OH: ASM International.

Salazar, M. P. G., Gasga, J. R. 2003. Microhardness and Chemical compotition of human Tooth. Material Research, Vol. 6, No. 3, 367-373.

Zaharia, A., Plescan, V.G., Atkinson, I., Mocioiu, O.C., Cantaragiu, A. and Musat, V., 2017. Remineralization of Natural Tooth Enamel in Artificial Saliva Environment. REVISTA DE CHIMIE, 68(3), pp.510-514.

Chun, K.J., Choi, H.H., Lee, J.Y. 2014. Comparison of mechanical properties and role between enamel and dentin in the human tooth. Journal of Dental Biomechanics, 2014(5), 1-7 .

McCabe F. J., Walls.G.W.A. Bahan Kedokteran Gigi Edisi 9. 2015. Jakarta: EGC

Sungkar, S., Fitriyani, S., & Yumanita, I. (2016). Kekerasan permukaan email gigi tetap setelah paparan minuman ringan asam

jawa. Journal Of Syiah Kuala Dentistry Society, 1(1), 1-8.

Bonsor, S.J., Pearson J.G.. A Clinical Guide to Applied Dental Materials. 2013. Elsevier


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 E-Prodenta Journal of Dentistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.