PERAN TEKS BRAILLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK TUNANETRA: STUDI TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Ambar Puspitasari
  • Abigail Marisca Christy
  • Edina Hartami
  • Yuli Nugraeni

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.eprodenta.2021.005.01.8

Keywords:

anak tunanetra, Braille, pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, penyuluhan.

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan rongga mulut pada anak tunanetra cenderung buruk karena tidak dapat mendeteksi gejala awal inflamasi gigi melalui indra penglihatan. Pemberian materi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan Braille merupakan penyesuaian agar anak tunanetra dapat memahami kesehatan rongga mulut dengan lebih baik. Tujuan: Mereview peran teks Braille terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak tunanetra. Metode: Literature review bersumber dari 7 jurnal yang didapat melalui database online dengan kata kunci visually impaired children OR blind children AND Braille AND dental health education AND oral hygiene OR oral health knowledge. Hasil: Tingkat pengetahuan awal anak tunanetra terhadap sesama siswa tunanetra adalah rendah dan/atau sedang, sehingga potensi adanya peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dapat tercapai saat anak tunanetra berhasil untuk memahami penyuluhan yang diberikan dalam teks Braille. Kesimpulan: Pamflet atau booklet Braille diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak tunanetra dengan efektif.

References

Mardiati E, Salikun, Aprianti K. The Effectiveness of Audio Media and

Braille Leaflet Media On The Knowledge of Maintaining Oral Hygiene Among Blind Children. Jurnal Kesehatan Gigi. 2018; 05(1): 61–66.

Khurana C, Tandon S, Chand S, Chinmaya BR. Effectiveness of

oral health education program using Braille text in a group of visually impaired children-before and after comparison trial. J Educ

Health Promot. 2019; 8(50): 1–6. https://doi.org/10.4103/jehp.jehp

John JR, Daniel B, Paneerselvam D, Rajendran G. Prevalence of

Dental Caries, Oral Hygiene Knowledge, Status, and Practices

among Visually Impaired 447 Individuals in Chennai, Tamil Nadu. International Journal of Dentistry. 2017: 1–6. https://doi.org/10.1155/2017/941 9648

Sabilillah MF, Taftazani RZ, Sopianah Y, Fatmasari D. Pengaruh Dental Braille Education (DBE) Terhadap Oral Hygiene Pada Anak Tunanetra. Jurnal Kesehatan Gigi. 2016; 03(2): 7– 13.

Tavargeri A & Kudtarkar SS. Evaluating the Oral Health Knowledge and the Status of Visually Impaired Children using Braille. Journal of Oral Health and Community Dentistry. 2018;

(2): 41–46. https://doi.org/10.5005/jpjournals-10062-0024

Rosalina Y, Sopianah Y, Taftazani RZ. Pengaruh Penyuluhan tentang

Cara Menyikat Gigi menggunakan Braille terhadap Pengetahuan dan

Kebersihan Gigi dan Mulut pada Penyandang Tunanetra di SLB

Kota Tasikmalaya. ARSA (Actual Research Science Academic).

; 4(1): 31–43.

Snyder H. Literature review as a research methodology: An

overview and guidelines. Journal of Business Research. 2019;

(August): 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres. 2019.07.039

Ferrari R. Writing narrative style literature reviews. Medical Writing. 2015; 24(4): 230–235. https://doi.org/10.1179/2047480 615z.000000000329

Ganapathi, AK, Namineni S, Vaaka PH, Vavamsilatha K, Das R, Devi

M, Akkaloori A, Kumbakonam A. Effectiveness of various sensory

input methods in dental health education among blind children- a

comparative study. Journal of Clinical and Diagnostic Research.

; 9(10): ZC75–ZC78. https://doi.org/10.7860/JCDR/20 15/15499.6686

Tiwari BS, Ankola AV, Jalihal S, Patil P, Sankeshwari RM, Kashyap

BR. Effectiveness of different oral health education interventions in

visually impaired school children. Special Care in Dentistry. 2019;

(2): 97–107. https://doi.org/10.1111/scd.1235

Downloads

Published

2021-06-17

How to Cite

Puspitasari, A., Christy, A. M., Hartami, E., & Nugraeni, Y. (2021). PERAN TEKS BRAILLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT ANAK TUNANETRA: STUDI TINJAUAN LITERATUR. E-Prodenta Journal of Dentistry, 5(1), 435–449. https://doi.org/10.21776/ub.eprodenta.2021.005.01.8

Issue

Section

Articles