KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KAPUK II JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.eprodenta.2024.008.02.5Keywords:
Kepuasan pasien, Pelayanan Kesehatan Gigi, Pukesmas, SERVQUALAbstract
Latar Belakang : Kepuasan pasien dapat dikaitkan dengan kepatuhan serta hasil perawatan kesehatan yang lebih baik. Pemeliharaan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien, menjaga kepatuhan pasien, serta reputasi institusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Kapuk II Jakarta berdasarkan karateristik demografis mereka. Metode : Studi cross-sectional ini menggunakan metode purposive sampling yang melibatkan pasien poli gigi Puskesmas Kapuk II Jakarta. Kuesioner yang diisi secara mandiri menggunakan skala Likert dengan 5 poin untuk menilai kepuasan pasien. Kuesioner terdiri dari 5 dimensi service quality (SERVQUAL) yaitu reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan tampilan fisik. Data didapatkan dari 194 pasien dan uji Chi Square digunakan untuk melihat hubungan antara faktor-faktor demografi dengan tingkat kepuasan pasien. Hasil : Terdapat gubungan signifikan antara tingkat pendidikan dengan dimensi daya tanggap (p=0.000), reliabilitas (p=0.003), jaminan (p=0.000) dan empati (p=0.000). Terdapat pula hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan dimensi tampilan fisik (p=0.001), reliabilitas (p=0.001), dan empati (p=0.000). Hubungan yang signifikan juga ditemukan antara status pekerjaan dengan dimensi tampian fisik (p=0.000), reliabilitas (p=0.012) dan empati (p=0.026). Kesimpulan : Mayoritas pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas Kapuk II Jakarta. Dimensi tampilan fisik dan jaminan mendapatkan kepuasan tertinggi. Karateristik demografi berhubungan dengan kepuasan pasien.
Downloads
References
Tan CN, Ojo AO, Cheah JH, Ramayah T. Measuring the influence of service quality on patient satisfaction in Malaysia. Qual Manag J. 2019; 26(3):129-143.
Akbar FH, Pasiga B, Samad R, Pratiwi R, Anwar AI, Djamaluddin N, Ulfa L. Evaluation of expectations and perceptions on quality of dental services in Bantaeng District, South Sulawesi, Indonesia, 2018. J Int Dent and Med Res. 2018;11(3): 938-944.
Has L, Aba G, Ates M. Service quality in healthcare services: an application in private dental clinic. IJHSRP. 2018;3(1):10-21.
Santosa YA, Azam SMF. Conceptualisation of service quality, lean management and patients’ satisfaction among dental hospitals in Indonesia. EJEFR. 2020;3(6): 120-135.
Rubini, Andayani LH. Tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di RSUD Dr.Rubini Mempawah. JKGT. 2023;5(1):107-111.
Prasasti SD, Sirait T, Koesoemah HA, Laela DS. Gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poli Gigi. JKS. 2021; 2(2): 625-632.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014.
Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2021. Available from: https://pusdatin.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-data-dasar-puskesmas.html
Aquarista MF, Nurlatifah D. Hubungan karateristik pasien berobat gigi dengan tingkat kualitas pelayanan di Poli Gigi Puskesmas Kelayan Dalam Kecamatan Banjarmasin Selatan. An-Nadaa. 2016; 3(1): 29-34.
Ilmianti, Irawati E, Auniah A, Febriany M, Aldilawati S. Pengaruh kualitas pelayanan perawatan gigi di masa pandemi Covid-19 terhadap tingkat kepuasan pasien Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka (Poli Gigi) Tahun 2021. Sinnun Maxillofacial Journal. 2022;4(1):1-13.
Zun AB, Ibrahim MI, Hamid AA. Level of satisfaction on service quality dimensions based on SERVQUAL model among patients attending 1 Malaysia Clinic in Kota Bharu, Malaysia. Oman Med J. 2018;33(5):416-422.
Al-Momani MM. Gap analysis between perceptions and expectations of medical-surgical patients in a public hospital in Saudi Arabia. Med Princ Pract. 2016;25:79-84.
Akbar FH, Ulfah U, Maretta YA. The effect of health services quality on satisfaction and loyalty in West Sulawesi Province, Indonesia. Open Access Maced J Med Sci. 2020;8(D):150-157.
Darma A, Hidayati, Oenzil F. Differences between dental health service quality and utilization of community health centres in the city of Padang based on indicators of utilisation effectiveness. Padjadjaran Journal of Dentistry. 2018;30(2):207-216.
Dewi A. Kepuasan pasien terhadap komunikasi dokter pasien di Puskesmas. Mutiara Medika. 2009;9(2):37-45.
Setianingsih N, Ronoatmodjo S. Faktor-faktor yang berhubungan dengan persepsi kualitas pelayanan di Puskesmas Cilegon tahun 2020. NersMid. 2020:56-80.
Eninurkhayatun B, Suryoputro A, Fatmasari EY. Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang tahun 2017. JKM. 2017;5(4):33-42.
Jalias SJFD, Arman, Idris FP. Pengaruh mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap minat kembali pasien melalui tingkat kepuasan di Puskesmas Tamalate Makassar 2020. JMCH. 2020;1(2):37-49.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 E-Prodenta Journal of Dentistry

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-Prodenta Journal of Dentistry receives original texts that have not been published in any media in any language, or are being sent to other journals at the same time. If the manuscript has already been presented in a particular symposium or seminar, then it should be written in the description. The submission of the manuscript shall be accompanied by a statement of authenticity of writing and unpublished statements made and signed by the first author. When the manuscript is accepted for publication, the authors agree to automatic transfer of the copyright to the publisher.