EFEKTIVITAS PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT GURU PEMBINA KEPADA SISWA TUNA NETRA UPT RSCN MALANG DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SEBAGAI USAHA PREVENTIF ORAL HYGIENE

Yully Endang Hernani, Ria Puspitasari
  E-Prodenta Journal of Dentistry, pp. 172-179  

Abstract


Kesehatan gigi dan mulut dewasa ini sudah mulai diperhatikan secara seksama oleh masyarakat. Namun banyak faktor yang enghambat informasi tersebut sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut seperti halnya pada penderita tuna netra. Pentinglah bagi para guru pembina khusus untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai pentingnya dan bagaimana cara menjaga kebersihan gigi dan mulut bagi para penderita tuna netra. Tujuan: Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada pembina siswa tuna netra agar dapat menjadi penyuluh kesehatan gigi dan mulut bagi  tuna netra. Metode: Peneliti mengadakan pre-test dan post-test pada siswa tuna netra sebelum dan sesudah diadakan penyuluhan untuk mengetahui apakah penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  siswa terhadap kesehatan gigi dan mulut. Peneliti melakukan penyuluhan sebanyak dua kali yaitu pada guru pembina dan pada siswa tuna netra dengan materi plak, kalkulus, karies, dan cara menyikat gigi dengan benar. Hasil: Uji statistik Wilcoxon dengan SPSS menunjukkan angka signifikansi kurang dari alpha 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test pada sebagian besar responden lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pre-test. Kesimpulan: penyuluhan memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa tuna netra terhadap kesehatan gigi dan mulut.

 

Kata Kunci: penyuluhan, tuna netra oral hygiene


Keywords


penyuluhan; tuna netra oral hygiene

Full Text:

PDF

References


Fitriani S. Promosi Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2011.

Lusiani Y. Efektivitas Penyuluhan yang Dilakukan oleh Perawat Gigi dan Guru Orkes dalam Meningkatkan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Murid SD. Medan. 2010.

Sadiman, A. Pengaruh Televisi terhadap Perubahan Perilaku. Pusat Tekhnologi dan Komunikasi, Jakarta. 2001.

Soemantri T, Sutjihati. Psikologi Anak Luar Biasa. PT. Refika Aditama, Bandung. 2006.

Depkes. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2011. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 2012.

Heriyanto Y. Hubungan antara Pengetahuan, Persepsi dan Sikap terhadap Kesehatan Gigi dengan Status Kesehatan Gigi pada Siswa Tuna Netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) WyataGuna Bandung. Sains Kesehatan. 2005; 18(2).

Efendi M. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Bumi Aksara, Jakarta. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Prodenta Journal of Dentistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.