INSTRUMEN PENGUKURAN LITERASI KESEHATAN ORAL

Authors

  • Laksmi Vidjajanti IKGKom FKG UI
  • Diah Ayu Maharani 2Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan, Universitas Indonesia
  • Herry Novrinda 2Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.eprodenta.2022.006.02.9

Abstract

Latar belakang: Pengukuran literasi kesehatan individu dimaksudkan untuk mengevaluasi potensi
resiko terhadap kesehatan umum maupun kesehatan oral. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui validitas dan reliabilitas berbagai instrumen untuk mengukur Literasi Kesehatan
Oral yang ada saat ini.Metode: yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah Narrative review,
yaitu suatu penelusuran literatur yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir yang menggunakan
berbagai data base yang ada Pubmed, Springer, Proquest, Science Direct, Google Scholar, 24 literatur
digunakan dalam penelitian ini Hasil: Instrumen yang umum digunakan adalah: Rapid Estimate of
Adult Literacy in Dentistry-30 (REALD-30); Rapid Estimate of Adult Literacy in Dentistry-99 (REALD99); Test of Functional Health Literacy in Dentistry (ToFHLiD); dan Oral Health Literacy Instrument
(OHLI), CMOK, Health Literacy in Dentistry (HeLD) dengan berbagai struktur serta menilai
kemampuan dalam hal literasi. Kesimpulan: Berbagai instrumen pengukuran Literasi Kesehatan
Oral yang telah dikembangkan, digunakan diberbagai negara dengan proses cross cultural adaptation
dan digunakan pada beragam populasi dan berbagai kelompok usia, menunjukkan instrumen yang
valid dan reliabel.

katakunci: kesehatan mulut; literasi kesehatan; adaptasi lintas budaya, reliabilitas, validitas

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Vidjajanti, L., Maharani, D. A., & Novrinda, H. (2022). INSTRUMEN PENGUKURAN LITERASI KESEHATAN ORAL. E-Prodenta Journal of Dentistry, 6(2), 699–716. https://doi.org/10.21776/ub.eprodenta.2022.006.02.9

Issue

Section

Articles