EFEKTIFITAS MEDIA POSTER DENGAN FLANELGRAF TERHADAP PENGETAHUAN KESGILUT IBU HAMIL DESA KLAMPOK SINGOSARI MALANG

annisa rizky tanjungsari, Dyah Nawang Palupi, Joko Widyastomo Widyastomo
  E-Prodenta Journal of Dentistry, pp. 187-195  

Abstract


Saat ini perhatian pemerintah ditujukan pada kesehatan gigi dan mulut ibu hamil karena terdapat hubungan antara penyakit periodontal dan masalah kehamilan seperti kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah (BBLR), dan preeklampsia. Penyuluhan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang kesehatan gigi dan mulut sehingga akhirnya dapat menurunkan angka kejadian BBLR dan preeklampsia. Tujuan : untuk membandingkan efektifitas antara penyuluhan dengan media poster dan flanelgraf terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil Desa Klampok. Metode : Dalam penelitian ini, penyuluhan diberikan dengan media poster dan flanelgraf. Penelitian ini menggunakan metode penelitian one group pretest-postest. Sampel dipilih dengan teknik sampel terjangkau, kemudian dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik sample random sampling, yaitu kelompok poster dan flanelgraf. Variabel yang diteliti adalah peningkatan pengetahuan yang diukur dengan kuesioner pre-test dan post-test. Hasil : Berdasarkan hasil uji marginal homogeneity, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara nilai pre-test dan post-test pada masing-masing kelompok yaitu kelompok media poster (p<0,001) dan media flanelgraf (p<0,001), menunjukkan bahwa kedua media penyuluhan ini mampu meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang kesehatan gigi dan mulut. Kesimpulan : media penyuluhan poster dan flanelgraf secara signifikan mampu meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil di Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.


Keywords


penyuluhan, poster, flanelgraf, pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta. 2013; h.110.

Abiola A, Olayinka A, Mathilda B, Ogunbiyi O, Modupe S, Olobunmi O. Survey of the oral health knowledge and practices of pregnant woman in Nigerian teaching hospital. African J of Repro Health.2011; 15(4):14 – 9.

Sunarsih T, Dewi L.. Asuhan Kehamilan untuk Kebidanan. Jakarta:Penerbit Salemba Medika. 2011.

Santoso O, Aditya W, Retnoningrum D. Hubungan Kebersihan Mulut dan Gingivitis Ibu Hamil Terhadap Kejadian Bayi Berat Badan Lahir Rendah Kurang 9 Bulan di RSUP Dr. Kariadi Semarang dan Jejaringnya. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro: Medika Media Indonesiana. 2009.

Zubardiah L, Dewi MD. Kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah pada perempuan hamil dengan penyakit periodontal. J Dentika. 2003; 8(2): 113-8.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Jakarta:Rineka Cipta. 2010; h. 22, 30-31.

Hasibuan, S. Perawatan dan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Masa Kehamilan. Universitas Sumatera Utara. 2004.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta:Rineka Cipta.2007; h. 26-29, 56-70.

Herijulianti, E, Indriani TS, Artini S. Pendidikan Kesehatan Gigi.Jakarta: EGC; 2002; h. 66, 101-102.

Susilana R, Cepi Riyana. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima; 2009; h. 97-98.

Nurseto, Tejo. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. 2011; 8(1): 201

Herijulianti, E, Indriani TS, Artini S. Pendidikan Kesehatan Gigi.Jakarta: EGC; 2002; h. 118-119.

Pertiwi, Fatty Nada. Efektivitas Penyuluhan dengan Media Poster dan Animasi Bergambar Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa Usia 7-10 Tahun di MI.NU Maudluul Ulum Kota Malang. Tugas Akhir. Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. 2013.

Fristoni, Meilia. Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. 2013; 1(2)

Yunita, Lisa Arifia. Efektivitas Media Flanelgraph untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Penjumlahan bagi Tunarungu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 2012; 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 E-Prodenta Journal of Dentistry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.